Home » Tak Berkategori

Mahasiswa Baru Dilarang Bawa Kendaraan Ke Kampus UB

3 September 2014 No Comment

Universitas Brawiaya menerapkan strategi baru untuk mengatasi kemacetan di sekitar kampus dan kurangnya lahan parkir. Rektor UB Prof Dr M. Bisri melarang mahasiswa baru (maba) membawa kendaraan untuk diparkir di dalam kampus.

”Bayangkan, kami kedatangan belasan ribu mahasiswa setiap tahun. Yang keluar (lulus, Red) hanya setengahnya. Lalu, seberapa luas lahan yang harus kami sediakan hanya untuk parkir kendaraan roda dua dan empat di kampus ini,” ujar Bisri setelah memberikan sambutan pembukaan PK2 Maba kemarin (2/9). ”Belum lagi ditambah kendaraan para dosen,” sambungnya.

Dia mengatakan, UB kini dihuni hampir 70 ribu mahasiswa dan 1.500 dosen. Larangan berkendaraan di kampus bagi maba, kata dia, sengaja diberlakukan untuk kenyamanan mahasiswa. ”UB hanya bisa menampung 50 ribu kendaraan mahasiswa,” tuturnya. Untuk menjaga suasana belajar tetap nyaman dan tenang di kampus, dia pun mengambil keputusan itu.

Menurut dia, kebijakan tersebut justru sangat bagus untuk maba. Mereka menjadi lebih sering berjalan kaki mengitari kompleks kampus. ”Mereka jadi makin mudah menghafal jalan,” ucapnya. Selain badan jadi lebih sehat, para maba bisa lebih mudah saling kenal dengan kolega mereka di fakultas lain. ”Menghindari perpecahan antarmahasiswa fakultas yang satu dengan fakultas lain. Jadi, kian kompak lah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, semua mahasiswa UB akan mendapat stiker kampus. Dengan stiker tersebut, para mahasiswa diperbolehkan memarkir kendaraan mereka di dalam area kampus. ”Nah, maba belum boleh punya stiker dulu,” tegasnya. (cw2/JPNN/c17/dwi)

Keywords:
    Berita Lainnya : no matches

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.