Home » Tak Berkategori

Pendaftaran CPNS 2014 Dilaksanakan via Online

20 Agustus 2014 No Comment

MALANG - Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur umum dibuka mulai hari ini (20/8). Namun, proses rekrutmen itu hanya bisa dilakukan warga yang menguasai teknologi informasi. Sebab, semua proses pendaftaran maupun pelaksanaan tesnya menggunakan komputer.

Yang gagap teknologi jangan berharap bisa mendaftar CPNS. Apalagi semua pendaftar CPNS harus mempunyai e-mail. Semua berkas dan persyaratan akan dikirim melalui e-mail.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), pendaftaran digelar selama 15 hari. Yakni, sejak 20 Agustus hingga 3 September 2014. ”Pendaftarannya langsung melalui online,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang Sugiharto kemarin (19/8).

Mantan inspektur Kota Malang itu memaparkan, proses pendaftaran CPNS 2014 berbeda dengan CPNS 2013. Tahun lalu calon pendaftar mengambil formulir di Kantor Pos Besar Malang, Jalan Merdeka Selatan.

Tetapi, tahun ini pendaftar tidak perlu repot-repot datang ke kantor pos untuk mengambil formulir. Pendaftar cukup membuka website BKD di sscn.bkn.go.id. Semua informasi pendaftaran ditampilkan di sana. Formulir pendaftaran juga bisa di-download. ”Daftar saja di website BKN. Semuanya sudah disediakan,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan tes seleksi, pihaknya belum mendapatkan kepastian dari BKN. Berdasar informasi yang dia dapat, pelak­sanaan tes seleksi CPNS jalur umum digelar 8 september.

Meski pendaftaran dilakukan secara online, pelaksanaan tes seleksinya digelar serentak di lokasi yang sudah ditentukan. Di Kota Malang ada tujuh tempat yang memungkinkan untuk pelaksanaan tes CPNS. Yakni, SMAN 1, SMAN 4, dan SMAN 5. Tes juga digelar di SMPN 1, SMPN 3, SMPN 5, serta SMKN 4.

Pengumuman kelulusan ujian seleksi CPNS (nurdiasah / malang post)

Pengumuman kelulusan ujian seleksi CPNS (nurdiasah / malang post)

Tes seleksi digelar di tujuh tempat tersebut karena sarana dan prasarananya memenuhi. Nantinya, para peserta tes CPNS mengerjakan soal melalui komputer. Nah, komputer tersebut akan nge-line langsung ke BKN. Karena ada ribuan peserta tes CPNS, tes akan dilakukan secara bertahap.

Dengan demikian, Sugiharto mengimbau agar pendaftar menyiapkan diri. Lantaran seleksinya digelar secara online, pendaftar diharapkan menguasai informasi dan teknologi (IT). Panitia seleksi nasional (panselnas) tidak menyediakan tenaga pendamping untuk memandu pendaftar. Selain itu, pendaftar disarankan mempunyai e-mail. ”Ijazah, nilai, dan KTP-nya di-scan lalu dikirim melalui e-mail.” (dan/fir/JPNN/c20/ami)

Keywords:
    Berita Lainnya : no matches

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.