Home » Tak Berkategori

Ganti Rugi Tol Malang - Pandaan Mulai Ditransfer

8 Agustus 2014 No Comment

Tahap awal pembangunan jalan tol Malang-Pandaan yang ditangani langsung pemerintah pusat mulai direalisasikan. Dua desa di Lawang -yakni Sumber Porong dan Mulyoarjo- kemarin (7/8) didatangi Mulyono, perwakilan Kementerian Pe­kerjaan Umum (PU), serta Eko Suwanto dari P2T (panitia pengadaan tanah) yang ditemani Subianto (asisten P2T) terkait dengan pembayaran tanah yang sudah dibebaskan. Mereka didampingi Kepala Desa Sumber Porong Purwohariyanto.

Tanah di Sumber Porong yang dibebaskan adalah sekitar 20 hektare di antara total 363 hektare yang dibutuhkan. Dari lahan yang dibebaskan itu, sekitar 1,9 hektare merupakan milik desa, sedangkan lainnya milik 19 warga. Pemilik yang merelakan tanah untuk dibebaskan baru lima orang. Sisanya masih nggandoli lantaran kesepakatan soal harga tanah belum tercapai.

Harga tanah yang ditawarkan pemerintah adalah Rp 200 ribu-Rp 230 ribu per meter. Warga meminta lebih karena pengembang yang membeli tanah untuk perumahan di desa itu saja berani membayar Rp 750 ribu per meter.

Kelima warga yang sudah deal kini tinggal menunggu transferan masuk ke rekening masing-masing. Mereka kemarin datang ke kantor desa setempat di Jalan A. Yani, Lawang, untuk menyatakan persetujuan dengan bukti-bukti surat tanah.

Asisten I Pemerintahan Kabupaten Malang Eko Suwanto, 56, berharap warga yang belum menerima pembebasan lahan segera mengikuti warga yang sudah menerima uang pembayaran lahan untuk jalan tol. ”Kami sudah mengupayakan membayar tanah dengan harga tertinggi yang sudah ditentukan tim appraisal. (cw3/JPNN/c23/ami)

ilustrasi

ilustrasi

Keywords:
    Berita Lainnya : no matches

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.