Home » Pendidikan

Seleksi Jalur Mandiri II Universitas Negeri Malang Berakhir

28 Juli 2009 No Comment

Ujian praktik untuk pendaftar jalur Mandiri II Universitas Negeri Malang (UM) berakhir minggu lalu. Ujian praktik ini wajib diikuti oleh pendaftar yang akan mengikuti studi di program S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

“Ujian keterampilan khusus ini akan menjadi penilaian untuk kelulusan peserta disamping ujian tulisnya,” ungkap Kepala Humas UM, Dr Zulkarnain Nasution M.Pd kepada Malang Post.

Menurutnya tidak semua program melakukan tes uji keterampilan ini. Hanya program pendidikan olahraga dan seni tari saja yang melakukan model seleksi seperti ini. Dijelaskannya pada pendaftaran jalur Mandiri II ini UM akan menerima sebanyak 794 mahasiswa baru (maba). Ujian Mandiri II ini diikuti sebanyak 5.294 peserta.

Pendaftar pada tahun 2009 mengalami kenaikan 20 persen dibandingkan pada tahun 2008 lalu sebanyak 4.430 peserta. Ujian sudah digelar 22 Juli mendatang. Dan kemudian hasil seleksinya akan diumumkan pada 7 Agustus. Sementara itu yang berbeda dalam seleksi jalur Mandiri UM tahun ini adalah sistem pendaftaran yang dilakukan secara online. Pendaftaran online ini dilakukan untuk mempermudah calon mahasiswa mendaftar. Karena calon mahasiswa bisa mendaftar dari mana saja daerahnya dan tidak perlu datang ke sekretariat pendaftaran di UM.

Caranya calon mahasiswa cukup online membuka di http://seleksi.um.ac.id dengan memasukkan e-mail pribadi dengan sandi yang diinginkan. Lebih jauh pria yang juga Ketua Perhumas Malang Raya ini menuturkan jalur Mandiri UM tahun ini dibuka dalam dua tahap. Yaitu tahap satu dan tahap dua. Jalur ini adalah jalur alternatif yang bisa dilalui maba untuk masuk UM. Karena selain jalur resmi dari pemerintah yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), UM memberikan kesempatan melalui beberapa jalur lain. Hanya saja, kata Zul, di jalur Mandiri biaya masuknya berbeda dengan jalur SNMPTN atau reguler.

Biayanya sedikit lebih mahal. Misalnya saja untuk jalur SNMPTN, biaya masuk Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) berkisar antara Rp 4,5 juta hingga Rp 4,8 juta. Sementara untuk biaya jalur Mandiri masuk FIP Rp 5,2 juta. Untuk Fakultas Sastra, jalur SNMPTN biayanya Rp 4,7 juta hingga Rp 5,8 juta. Jalur Mandiri nya, antara Rp 5,2 juta hingga Rp 7,7 juta.

FMIPA jalur SNMPTN biayanya Rp 5,8 juta dan jalur Mandiri Rp 6,2 juta. Fakultas Ekonomi (FE) jalur SNMPTN biayanya Rp 5,3 juta, jalur Mandiri Rp 5,7 juta. Fakultas Teknik jalur SNMPTN biayanya Rp 5,3 juta dan jalur Mandiri Rp 6,2 juta. Sementara Fakultas Ilmu Keolahragaan biaya jalur SNMPTN Rp 4,8 juta, dan jalur Mandiri Rp 5,2 juta. Sementara untuk SPP per semester nya di jalur SNMPTN sebesar Rp 550.000 sampai Rp 650.000 dan jalur Mandiri Rp 1.050 juta sampai Rp 1,550 juta. (oci/mar/malangpost)

Keywords: , , ,

Tidak ada Komentar »

Belum ada komentar.

RSS umpan untuk komentar-komentar dalam tulisan ini. URL Lacak Balik

Tinggalkan komentar