Home » Berita, Indonesia, Kota Malang, Malang Raya, Pendidikan

Jadwal UN 2009 Dimajukan, Siswa dan Guru Sulit Mengantisipasi

9 Oktober 2008 53 Comments

Kabar majunya jadwal Ujian Nasional (UN) 2009 membuat resah banyak pihak. Tak hanya guru, orang tua pun ikut resah. Bahkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang mulai kebanjiran SMS yang meminta agar memperjuangkan ke Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) agar rencana itu dibatalkan. Sementara itu Pakar Pendidikan Kota Malang M Kamilun Muhtadin pun ikut angkat bicara soal isu tersebut.

Kepada Malang Post, Kamilun menuturkan bila pelaksanaan UN jadi dimajukan menjadi Februari 2009 dari yang harusnya Mei 2009, maka tidak bisa dibayangkan bagaimana sulitnya pengaturan di sekolah.
‘’Sebagai seorang pecinta pendidikan saya tidak bisa memahami rencana kebijakan tersebut. Apalagi bila itu dikaitkan dengan agenda pilihan legislatif yang kabarnya dihelat April dan pilihan presiden pada Juli 2009. Apakah akan dibiarkan saja hal itu mengorbankan jutaan calon lulusan SMP, SMA, SMK, MTS, MA dan SD, MI,’’ ungkapnya.

Lebih jauh ia menuturkan, bila pelaksanaan UN benar dilaksanakan Februari 2009, itu artinya kelas IX dan kelas XII dan siswa SD kelas VI hanya belajar lima semester. Itu tentu tidak fair. Karena di semester ke enam mereka sudah harus mengikuti UN.

Jika dipaksakan maka setelah UN, anak-anak akan sulit diarahkan proses belajarnya di sekolah. Karena sudah terbentuk anggapan UN adalah segala-galanya. UN selesai, maka sekolah pun selesai.

Karena itu meskipun bisa dibuat strategi dengan menggeser pemberian materi di luar UN pada Maret, April, dan Mei, siswa tetap akan terbebani dengan target tuntas materi kelas tiga hingga Januari 2009.
Apalagi untuk siswa SMK, yang jam pelajarannya dalam satu minggu sudah 50 jam sampai 52 jam. Penambahan jam pelajaran tentunya akan membuat siswa kalang kabut.

‘’Bagi anak-anak di pedesaan atau daerah terpencil, akan terlalu sulit menyerap materi pada jam pelajaran tambahan. Biasanya mereka juga tidak sempat sarapan pagi, masih harus belajar sampai 9 jam an. Apakah mereka mampu?’’ ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ini mengakui, lima tahun lalu pelaksanaan pilihan presiden juga berdampak pada majunya jadwal UN. Tapi jadwal hanya maju pada April. Tidak terlalu berat untuk menggenjot materi. Walaupun itu cukup membuat semua pihak kualahan. Dan jika sekarang benar akan dimajukan Februari, tidak bisa dibayangkan bagaimana keributan yang akan terjadi.

‘’Saya harap Depdiknas mengkaji ulang rencana dimajukannya jadwal UN ini, kalau memang masih cinta dengan pelajar Indonesia,’’ tegasnya. (oci/avi)
(Lailatul Rosida/malangpost)

Keywords: , , , , , , , , , , ,

53 Comments »

  • nsc.club said:

    waduh….bingung juga nih jadinya….repot ngejar materinya….mudah-mudahan ga jadi bulan februari

  • smp5 abs 34 said:

    iia, bener. disdik kudu berjuang ke depdiknas !!
    semangadh !!
    saiia bntu doa.
    klo emang mentog, kudu Februari, soal.x kudu gampang !
    harus, wajib, fardhu ain, kudu, musti, ga bole ga.
    sekiand

  • siswa greeone cimahi said:

    wahhhh , masa dimajuin ke Feb ? knp harus ngorbanin UN ? knapa ga pemilu nya aj yg diundur sampe slese UN , macemmacem aja ah :(

  • dedeL said:

    waduh….
    ada kabar terbaru kah???
    kepastian mengenai hari H UN 09 ??

  • Diah dc said:

    wadooh kug februari c,,kalo gtu SKLnya harus d potong,,klo bisa d kaji ulg dong,

  • Idrez said:

    Ya, tuh… Saya sebagai siswa kelas XII SMK kalang kabut…
    Belum lagi harus ngerjain TA…
    Ngejar materi Produktif saat ditinggal OJT….
    Dasar pemerintah…..
    Bukannya ntar pemerintah juga rugi kalo banyak siswa yang ga lulus UN…
    Mending ga usah UN sekalian, kan yang tau kualitas siswa itu kan skul ntu ndiri….

    Mending Demo ja yuk….

  • Dinyo n friends said:

    Katjau neeh pemerintah knapa harus februari seeh
    udah daripada siswa aja yang ikut UN, mending capres dan cawapresnya ikutan juga UN biar pada pinter

  • husein said:

    pentingin anak2 yang mau UN donk !!!
    pemilu tua2 semua orang nya…

  • cha_cha said:

    jangan dimajukanlah!!!!!!!!!!!!!!!!
    bisa gila!!!!!!!!!!!

    ngejar materi kan payah!!!!!!
    jangan gara2 pemilu, kita sengsara……..
    emangnya, ang dpr yang terpilih itu mau
    tanggung jawab kalau kami nggak lulus!!!!!!!!!!!

    jangan di majukan ya!!!!!!!!
    atau pemilu aja di mundurin!!!!!!!!!!

  • Pasti na gimana? said:

    Pentingkan generasi bangsa dunk

  • nana said:

    kalo UN februari,mohon mata pelajaran atau SKLny dikurangi.. saya sdh stress,

  • Halim x. said:

    dasar pmrintah, bisa nya cma ngatuuuuuuuuuuuuuurrrrr!!!!!!!!!!! mlulu, cnta g” sih ama ank bngsa,, ko’ d bkin sngsara.

  • Galuh said:

    Waduh…..
    Balik Sekolah aja belum mau di majukan februari ujiannya…. pusing!!!!

    Mr. Yudist…
    minta alamat YMx yang aktif boleh g?
    Plz…

  • LIA CIREBON said:

    GIMANA SEHH???
    KATANYA, PENGEN KALO SEMUA ANAK2 LULUS 100% TAPI KENYATAANNYA MALAH DIMAJUIN..
    TAHUN KEMAREN JA DAH DITAMBAHIN 3 MATA PELAJARAN…
    MIKIR DONK JADI MENTERI LEBIH MENTINGIN PEMILU….
    TOHHHH,,, PRESIDEN JA GA BISA NGEBAWA NAMA INDONESIA DI BIDANG PENDIDIKAN

  • Maniloka said:

    kalo emang pemerintah jadi UN dimajukan februari. SURUH pemerintah yuk ngajar! biar tau gimana susahnya siapn siswa/i Qt m’hadapi UN.

  • perty dkk said:

    seriusss beeee…. cba diberitahukan dari bula2 sbelumnya… ni dah berjalan 3 bulan, baru diberitahu……katanya pemerintah MAU MENAIKKAN KUALITAS PENDIDIKAN.. APA HARUS TERBURU-BURU….Janagn salahkan kami para pelajar aja.. kalo hasilnya nati tidak seperty yang diharapkan

  • angger said:

    musibah besar bagi bangsa kita…
    mari kuatkan diri untuk siap menghadapi segalanya!

  • anita said:

    aduh……. sudah terlal CUAPEK jantung ini berdetak lebih cepat tiap tahunnya, dengan kebijakan2 baru pemerintah (yang ga bijak BLAS).sebenarnya pemerintah ingin menciptakan manusia2 yang seperti apa sing dengan program pendidikan ang gonta ganti kayak gini…..???????/???//??????///???
    menciptakan manusia berilmu dan DERADAP atau mencipakan manusia yang di masa mudanya sudah kena serangan jantung. n tuanya korupsi sana sini buat cari biaya pengobatan jantung. jangan salahkan kalo dimasa mendatang banyak orang yang meninggal karena serangan jantung………(OoO)

  • Andi said:

    Kenapa sih harus dimajukan, Pemilu dan UN kan penyelenggaranya tidak sama, jadi ya gak usah dimajukan

  • aditya said:

    emang bener dinas p&k ora genah mslh penddkan? ngeneiki ndasku lak ngelu ta? yok po le’e wes ngne iki? kompak a’ wes demo po ngrebek dinas2 g genah ngono iku opeyyy…????

  • anisa said:

    JIKA UN 2009 DILAKSANAKAN FEBRUARI 2009,, DIHARAPKAN SELURUH PELAJAR SD, SMP, SMA/SMK SEDERAJAT KOMPAK DEMO AKBAR!!! JANGAN SAMPAI KITA MENJADI KORBAN…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    APALAGI DITAMBAH SNM-PTN 2009 YANG MENYESAKKAN HATI…

  • Ahmad M said:

    Mengapa UN 2009 dimajukan??? Waktu coblosan kan cuma sehari… Logikanya !!!!! Cari hari yang gak bertepatan dengan waktu coblosan apa susahnya siiich…..

  • aYi said:

    waduuuhhhh,, bisa gila nech
    Pa lagi kami yang anax smk
    ujiannya buanyak banget,,,,
    tolong di pertimbangkan lagi dunks,,,,,
    jangan bwt korban yang lebih banyak lagi dunk’s di banding tahun kemarin,,,,,

    jangan buat kami streessss dengan semua peraturan” ne

  • luna said:

    waduh,,
    jadi gosip iia beneuran,,

    gimana cara ngejar materi iia,,
    gila aja pemerintah,,

  • zainal said:

    yang tau kualitas siswa ya skolahanya ndiri???????

  • fauzi said:

    bussset…
    masa’ jadi februari…
    gue sekolah di boarding school…
    71 jam seminggu….
    itupun hari biasa…
    kalo udah persiapan UN, jadi 84 jam seminggu gue belajar….
    bisa meledak otak…
    ayo donk….
    jangan egois pemerintah….
    kasian anak indonesia makin lama stress kayak orang tua juga… makin banyak siswa yang berambut putih ntar….

  • indonesianic said:

    Alhamdulillah…
    Akhirnya UN 2009 akan dilangsungkan sesuai jadwal semula, lihat berita ini

  • edos said:

    huhfffffffff

    Uan…

    malang nian……..

    gara2 pemilu kamu harus dipercepat

  • putra said:

    kl0 pmerntah ingn memajukn jdwal UN,JGN HARAP GENERASI PENERUS BANGSA BISA SUKSES…
    JGN EG0IS PARA PEJABAT PIKIRIN NASIB ANAK SKLAH NCH. . .
    KAMI BLJR D SKLAH MSING-MSING SLAMA 3 THN,KNP BKN SKLAH T SNDRI YG NGDAìN UJIAN KNP HRS DRI PUSAT. . . .??
    PKRIN D0NK. . . . . . .

  • Maulida said:

    gimana sich……
    seharusnya pendidikan jangan di kait-kaitkan dengan politik, pelajar itu khan harapan terbesar bangsa ini, seharusnya ya lebih diperhatikan.
    kalaupun dimajukan, jangan terlalu dekatlah,
    kasihan kami, pelajaran belum ada separo yang didapat dari semua pelajaran.
    terima kasih

  • Ghufron said:

    Kayaknya sekarang memang dituntut orang-orang yang pinter. Pintere sih macem-macem…
    Untuk rekan-rekan yang akan menghadapi UN, ya harus pinter mencari…. Cari les-lesan, cari bimbingan belajar, cari pembahasan soal-soal, cari trik-trik, dan mungkin juga cari bocoran soal …
    http://www.ghufrona.co.cc
    Salaam ….

  • FitRi said:

    j9n d’mju’n dnK……..!!!!!!!

    pSnk nCh jdinya……

  • UN 2009 dimajukan dan hubungannya dengan demokrasi. *sebuah komat-kamit « Life Is A Rock Dynamic Stuff said:

    [...] baru aja abis browsing-browsing nyari perbandingan harga laptop dengan spesifikasinya, trus nyasar ke sebuah situs. Di situ ditulis kalo DEPDIKNAS merencanakan UN 2009 dimajuin jadi bulan Febuari gara-gara mau ada [...]

  • mega said:

    UN 2009 dimajukan dan hubungannya dengan demokrasi. *sebuah komat-kamit « Life Is A Rock Dynamic Stuff
    Itu namanya grusa grusu.
    lawong yang ngomong orang nya nggak pernah masuk kelas …. mangnya murid itu robot ?
    murid itu diajak belajar selama 2 smester aja (200) hari kurang lebih ada yang nilainya jeblok ….
    kok malah mau dibuat 1 sm + 2 bulan di - i 8 hari
    apa nggak konyol itu ….. kapan mau maju pendidikan kita kalau murid dikarbit
    mbok jangan ndeleming (komat-kamit) alias kesurupan he………………………..heeeeeeeeeeeee
    Tapi biarlah sing waras ngalah
    Wong sabar becik wekasaneeeeeeeeeeeeeeeee

  • gina said:

    npa seh UN ruz d mjukn??
    V gpp dech,asl Qta sma d lu”skn,otre!!!
    tuk soalUN jngn yg ssah” y!!
    trim’s……

  • Ulfa_Daenk_Pulung said:

    moGa2 UN dimajukan bulan FebruaRy, kL bS c BsK ajaH Hehe. . . Tp W mo’Y cm 3 Plajaran (by 3 IPA yaPScOoL)

  • Mr. Q said:

    Begitulah jadinya kalo pejabat2 qta banyak yg orang2 politisi… segala-galanya dipolitisiiiirrr.. Kapan ya negara qta dipimpin oleh negarawan?
    Paradigma dunia pendidikan banyak berubah.. ada yang lebih baik, tapi kebanyakan yang tidak baik. Yang penting programnya sukses, masa bodo dengan dengan prosesnya.. So..siswa2 sebagai generasi penerus bangsa yg jadi korban kebijakan yg tidak bijaksana, tapi bijaksono-sini alias mancla mencle…

  • syarif syuhada said:

    Kalo bisa jangan lah dimajukan ujiannya…masa cuma gara2 pemilu…gimana nasib kami yang anak SMK..januari baru slesai PSG,lum lagi bikin laporan,seminar,ujian Project Work..dan Penyelesaian TA…mestinya pemerintah lebih kasih perhatian buat pendidikan…jangan sampai korbankan kami hanya gara2 pemilu..uhh dasar gobloookkk….
    emosi gue ini….emosi………….tau lho
    gitu aja kok repot……………

  • farihik said:

    Jika bisa semestinya dimundurkan saja…
    sepertinya diluar logika, ujian yang menjadi penentu kelulusan (walau bukan satu-satunya),
    yang semula diprogramkan April maju ke Februari…
    Kecuali menggunakan metode evaluasi…
    mau ada atau tidak ada UN OK aja..

  • MAMA said:

    Dari pada un DI MAJUIN LEBIH BAIK GAK USAH un JA SEKALIAN.kan kasihan para murid yang jadi korban dari sikap pemerintah yang trlalu memaksakan kehendaknya.pliz………ya jangan di majuin!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • anto said:

    memang rakyat indonesia harus sengsara baru pemerintah puas,,,,, x…

  • willy said:

    kacau bgt c…
    ujian nasional bulan februari!!!!!!!
    bataln donk….

  • zizi said:

    saya harap ujian UN dihapuskan saja.mengukur kepintaran seseorang tidak harus dengan ujian nasional

  • WIE said:

    aduhhhhh…….jgn mpe jd deh un nya bln februari.klo bs tuh mei z dech!! swl nya kan lom syp gtu…y qan??? ntr lw lom syp,kmi g pd lu2s gmn???pa pemerintah mo tanggung jwb????

  • cewek caem said:

    enak dong bisa gak lulus semua

  • elfira said:

    pleace dong UN jangan di cepetin nga sempat mikir ne

  • James Smith said:

    sblumnya sy brtrima ksih pd dnia pnddkn yg tlah mmbina sy
    sy… hrap pd bpk mntri pnddkn agr UN 2009 nntinya agar lbh efktif lg dlm pnyelenggaraannya, sy hrp jg agar sklah sy mua mridnya lls…amien

  • frank alan said:

    bulan februari????????????????????????????

    udh lewat kali…….

  • edi said:

    mau maju mau mundur tergantung siswa menyikapinya ayakan?

  • muTThh manIezZ said:

    haddooohh,,

    bulan februari magh udh klewat bU!!!!!

    addoohh,, tnggl mnghitung hari lg negh!

  • nita said:

    Tinggal 19 jam 17 menit lg…UN..

    Semoga diberi kemudahan dalam menjawab soal-soal..amin..

  • surip said:

    Kok bisa gitu yaa. thanks.

  • xgentongx- XII IA5/12 said:

    pak pemerintah yang baik, bisa g banding ke pusat supaya UAN nya kalo emnag dinajukan SKL nya dikurangi deh pak . yang pelajaran kelas XII semester 2 ga ada gitu misalnya :) pusing pak asli dah .
    ah ya , nitip salam buat menteri yang baru pak , ini suara anak2 kelas saya : KALO PENGEN BIKIN MURID2 PADA MIMISAN SEKALIAN AJA UNAS-nya besok tanggal 1 Desember . mantep tuh pak . makasii :))

    \m/

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.